waspadai potensi bahaya gejolak turky bagi indonesia.

Turkish military stand guard near the the Taksim Square as people wave with Turkish flags in Istanbul, Turkey, July 16, 2016.   REUTERS/Murad Sezer

16juli2016 yang lalu adalah hari yang menegangkan bagi turki. percobaan kudeta berlangsung disana. dimotori sebagian kekuatan militer, kudeta mencoba merebut kekuasaan dari tangan erdogan, presiden turky. untungnya peristiwa tersebut tidak berlarut-larut. hanya dalam hitungan jam usaha tersebut berhasil digagalkan. dan dalam hitungan hari kondisi mulai normal dan kondusif. meski sempat menelan ratusan korban jiwa, pemerintah turki berhasil menguasai situasi kembali.

berita kudeta turki menjadi viral. seluruh dunia memperhatikan apa yang terjadi. bukan hanya pihak pemerintah, pengamat atau yang berkepentingan langsung saja. namun masyarakat biasa di seluruh dunia juga ikut memperhatikan. tak terkecuali masyarakat indonesia. namun masyarakat indonesia bukan hanya sekedar memperhatikan, akan tetapi juga berkomentar bahkan cenderung bersikap dan memihak salah satu kubu.

turki belakangan memang sedang menjadi buah bibir di indonesia. sejarah bangsa turki yang tak bisa lepasa dari sejarah kejayaan islam menjadi sebabnya. di indonesia isu tentang islam memang sangat sensitif. sehigga apapun tentang islam, dalam konteks ini turki selalu menjadi perhatian. bagian dari perhatian tersebut salah satunya adalah membanding-bandingkan indonesia dengan turki. dan pada titik tertentu turki menjadi inspirasi bagi mereka yang suka membanding-bandingkan tersebut.

hal tersebut belakangan semakin menghawatirkan. prahara di turki seolah-olah masih membara justru di indonesia. perang opini tak berkesudahan sering digelar di dunia maya. letupan-letupan kebencian dan makian menyeruak. parahnya, bahasan perang semakin melebar kemana-mana. isu-isu lebih sensitif mulai di bawa-bawa. dari isu perang antar mazdhab sampai kebencian terhadap pemerintahan indonesia. bahkan di beberapa konten media ada provokasi menjurus makar. hal tersebut tentu berbahaya bagi kelansungan hidup berbangsa dan bernegara kita.

kita harus waspada terhadap ancaman tersebut. jangan sampai kudeta di turki menjadi pemantik keributan di indonesia. seluruh pihak harus mengambil peran terhadap penanganan ancaman tersebut. karena membela keutuhan dan kondusifitas bangsa adalah tugas setiap tumpah darah bangsa indonesia.

setiap tumpah darah indonesia harus mengambil perannya masing-masing. jangan sampai tinggal diam bahkan malah ikut memantik perpecahan. bangsa yang damai dan aman sangatlah berharga. tidak ada yang lebih berharga dari karunia allah kepada bangsa kita tersbut.